Kacamata safety merupakan kacamata pelindung yang menutupi area disekitar mata. Kacamata safety dapat melindungi mata dari debu, dan percikan bahan kimia cair.


    Untuk Sobat Safety yang menggunakan kacamata tidak perlu khawatir karena kamata safety juga dapat dipakai bersamaan dengan kacamata resep dokter karena desainnya yang lebih besar. 


       Bahan dari kacamata safety mempunyai ketahanan yang tinggi dalam melindungi mata dengan lensa yang tahan oleh benturan dan frame yang terbuat dari plastik atau logam.


    Desain Kacamata safety juga tidak ketinggalan mode, karena sangat disesuaikan dengan kebutuhan pekerja akan bahaya yang bisa mengakibatkan mata dan wajah cedera. Bahaya yang mengancam mata dan wajah ialah seperti partikel yang berterbangan, bahan kimia cair, logam cair, kimia asam maupun basa, bahan kimia yang menguap dan gas serta radiasi cahaya.


        Banyak kejadian kecelakaan kerja yang melukai mata atau wajah dikarenakan pekerja tidak memakai alat pelindung mata dan wajah atau menggunakannya tetapi caranya tidak benar.


        Apasih Fungsi Kacamata safety? Sobat Safety yang selama ini umumnya hanya mengetahui kalau kacamata safety berguna hanya untuk melindungi mata dari sinar matahari atau sesuatu hal yang membuat mata terganggu saja, nah ini nih penjelasan sesungguhnya kenapa kacamata safety itu sangat penting fungsinya bagi keselamatan pekerja. 


  1. Berguna sebagai pelindung mata saat sedang bekerja.Seluruh Alat pelindung diri yang Sobat safety gunakan sudah pasti fungsinya untuk melindungi diri, khususnya untuk kacamata safety sudah pasti melindungi mata saat sedang bekerja.

  2. Melindungi mata dari partikel – partikel kecil seperti debu, radiasi, dll. Lokasi pekerjaan seperti konstruksi, tambang, dan laboratorium biasanya selalu dikelilingi dengan bahaya berupa partikel-partikel seperti debu, radiasi, dan benda kecil yang ada di udara dan berpotensi akan mencederai mata jika tidak dilindungi kacamata. Iritasi bahkan kebutaan dapat terjadi jika mata tidak dilindungi. Maka segera gunakan kacamata safety sebagai upaya pencegahan terjadinya kecelakaan kerja.

  3. Melindungi mata dari sinar yang menyilaukan seperti pada saat mengelas. Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Bahaya yang bisa terjadi jika tidak menggunakan kacamata safety maka Anda mengalami luka mata lapisan luar mata, atau keratitis dan dampak tersebut harus ditangani oleh dokter ahli. Jika tidak diobati, atau jika infeksi semakin parah, keratitis dapat mengakibatkan komplikasi serius yang secara permanen dapat merusak penglihatan. Cahaya dan sinar yang berbahaya selama proses pengelasan akan timbul cahaya dan sinar yang dapat membahayakan juru las dan pekerja lain yang ada di sekitar pengelasan. Cahaya tersebut meliputi cahaya yang dapat dilihat atau cahaya tampak, sinar ultraviolet dan sinar inframerah. 


Jenis – Jenis Kacamata Safety :

  1. Kacamata Safety ( Safety Glasses)

  2. Kacamata laboratorium dan safety goggle

  3. Bahan atau material dari lensa kacamata safety adalah terbuat dari Plastic Polycarbonate.

Bahan Frame Kacamata Safety :

  1. Frame Metal berbahan dasar logam.

  2. Frame Plastik atau polymer adalah bahan dasar plastik

  3. Frame Kombinasi berbahan dasar plastik dan logam.

Cara Memilih Kacamata Safety Yang Baik dan Benar :

  1. Dalam membeli kacamata safety pastikan lensa atau framenya dalam keadaan baik.

  2. Untuk pembelian kacamata sebaiknya pilihlah yang terbuat dari bahan policarbonate atau trivek. Karena, bahan tersebut dianggap terbaik dalam perlindungannya.

  3. Sesuaikan kacamata dengan lingkungan kerja untuk mendapatkan perlindungan maksimal.

  4. Pilihlah kacamata safety yang nyaman digunakan.

  5. Bila pekerja membutuhkan kacamata safety khusus maka carilah yang dapat menyesuaikan dengan bidang pekerja tersebut.


    Pada dasarnya semua produk alat safety tentunya punya kekurangan dan kelebihan. Kelebihan dan kekurangan kacamata safety adalah:


Kelebihan :

  1. Mengurangi resiko akibat kecelakaan.

  2. Melindungi bagian area mata dari pekerjaan yang memiliki resiko pada mata seperti mengelas.

  3. Memberikan perlindungan bagi tenaga kerja di tempat bekerja.

Kekurangan :

  1. Kacamata safety yang tidak memenuhi standar akan berbahaya bagi pengguna.

  2. Kacamata safety dapat menularkan penyakit jika dipakai oleh orang – orang yang berbeda.

  3. Fungsi dari Alat Pelindung Diri ini hanya untuk mengurangi akibat dari kondisi yang berpotensi menimbulkan bahaya.


    Nah, sekarang Sobat Safety sudah tahu kan kalau kacamata safety semata-mata bukan untuk tampil keren doang, tapi untuk melindungi kalian dari bahaya yang bisa aja terjadi. Jadi tunggu apa lagi? Segera miliki kacamata safety kamu dan beli di Big Owner aja ya...

You can compare max 4 products.